Karung Goni Bekas

Karung goni bekas – walaupun kami tidak menjualnya – adalah potensial sekali untuk di jadikan berbagai produk yang bisa menghasilkan banyak keuntungan.

Jumlah yang melimpah di pasaran membuat karung goni bekas kadang tidak terserap pasar karena berbagai kondisi yang meyertaiya, seperti bekas apa karung itu di gunakan.

Kalau bekas pakai material yang relatif “bersih” kemungkinan besar masih bisa di jual dengan harga yang cukup lumayan tinggi. Dan dapat menghasilkan keuntungan.

Tapi jika bekas komoditas yang beraroma tidak sedap, tentunya ini sulit untuk di pakai, apalagi kalau penggunaannya untuk kemasan barang eksport.

Kesulitan lain menggunakan karung goni bekas adalah perlakuan saat membongkar. Seringkali di gunakan ganco yang melobangi karung sedemikian rupa hingga menjadi bolong, dan ini menjadi faktor minus untuk di jual ulang.

Dalam bidang kerajinan tangan karung bekas bisa di olah untuk berbagai keperluan, seperti tas karung goni, pouch, dll. Tapi lagi-lagi ini perlu perlakuan khusus dalam pembuatannya.

Seperti unsur aroma yang melekat, otomatis harus di cuci dahulu sebelum di design. Artinya memerlukan waktu dan ongkos kerja untuk mencucinya.

Yang paling tepat sebetulnya untuk keperluan pembuatan penutup jalan yang baru di cor. Beberapa kasus, para ahli konstruksi menghendaki karung untuk melapisi cor-coran yang baru.

Untuk kebutuhan ini sebetulnya karung sangat tepat, hanya membuatnya yang perlu ongkos untuk membuka karung dan menyambungkannya kembali sesuai dengan ukuran yang di butuhkan.

Jadi memang bahan natural ini tidak terlalu riskan untuk di gunakan sebagai material re-use, cuma perlu langkah-langkah dan treatment tertentu supaya lebih bagus.

Terkadang salah satu kendala dalam mem-proses ulang karung adalah tempat harus luas, memerlukan banyak air, dan berat pengerjaannya.

Tapi jika di bantu dengan alat-alat yang memadai tentunya proses re-cleaning akan menjadi tidak terlalu sulit. Kedepan mungkin akan ada jasa pembersih karung, yang siapa tahu bisa menghasilkan keuntungan lumayan.

Yang pasti karung goni bekas berapa kalipun ia di gunakan pada akhirnya bisa di serap oleh alam karena bahannya natural dan ramah lingkungan.

Baca juga :

– Tas Karung Menggantikan Kejenuhan Material Yang Tidak Ramah Lingkungan
– Harga Karung Goni Di Tentukan Pasar