tas karung goni kreatifitas dan pangsa pasar
tas karung goni

Tas karung goni menantang untuk di olah nilai kreatifnya karena berbagai alasan yang sekarang menjadi fenomena di masarakat luas. Antara kreatif dan pangsa pasar tampaknya signifikan karena bagaimanapun sebuah ide kreatif tak lepas dari pangsa pasar.

Mungkin di mulai dari tampilan dan kesan jadulnya karung goni, tas karung goni mulai di lirik sebagai produk komersil karena ada pertimbangan lain dari sisi ramah lingkungan. Kita mengenal ada istilah 3R – recycle, reuse dan reduce yang merupakan moto dari produk-produk ramah lingkungan. Nah, di sinilah karung goni natural masuk dalam 3 kriteria tersebut.

Ambil contoh ekstrim kalau di bandingkan dengan produk-produk berbahan plastik, maka karung goni natural sangat ramah lingkungan karena mudah di daur ulang bisa di pakai ulang dan mengurangi pencemaran lingkungan.

Namun persoalannya apakah tas karung goni bisa di gunakan secara massal oleh masyarakat kita? Mungkin untuk menjawab ini tidak mudah karena yang paling utama adalah masalah harga dan ketersediaan bahan baku. Sejauh ini ketersediaan bahan karung goni masih di impor dan oleh karenanya harganya tidak bisa bersaing dengan bahan plastik.

Tapi untungnya nilai art dari tampilan fisik karung goni menantang untuk di eksplorasi oleh para kreator apalagi kalau pandai mengolahnya dengan menggabungkan bersama bahan-bahan lain. Oleh karenanya karena nilai art nya cukup tinggi maka harga jualnya juga meningkat.

Dan lalu apakah pangsa pasarnya ada? Jawabannya jelas ada karena berangkat dan pengalaman yang sudah ada, ternyata produk-produk tas karung goni selalu di minati oleh masyarakat terutama dari golongan menengah ke atas.

Ada semacam dorongan untuk menggunakan bahan yang natural yang kemungkinan ini di dasarkan oleh kampanye-kampanye go green yang gencar di lakukan. Dan dalam hal ini bahan karung goni menjadi ajang untuk mengembangkan kreatifitas yang punya nilai ekonomi lumayan memadai.

Kalau di kelola dengan baik maka tas karung goni bisa menjadi lahan kreatifitas yang bisa di eksplorasi dengan banyak model dan ukuran serta sangat layak untuk sebagai lahan bisnis karena pangsa pasarnya cukup tersedia.

Baca juga: Harga Karung Goni